Profil TPQ Terpadu

Logo TPQ_Fatkurrohman

PENDAHULUAN

Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, TPQ ini didirikan tepat pada bulan Juli 2008 atau bertepatan dengan bulan Rajab 1429 H. TPQ Terpadu Fatkurrohman berada di lokasi musholla Fatkurrohman, yang terletak di Jl. Tembok Gede III / 5. Dengan pendirian TPQ melalui perijinan Kepala Takmir dan pengurus musholla terkait. Sampai saat ini pengelolaan TPQ Terpadu Fatkurrohman dilakukan secara mandiri dibawah pengurus GENTA QUR’AN Surabaya, dengan diketahui pihak Takmir terkait.

TPQ TERPADU FATKURROHMAN memiliki model pengajaran terpadu yang bertujuan menerapkan tarbiyah islamiyah (pendidikan islamiyah) yang menyeluruh dengan tekanan utama pada pengenalan Al-Qur’an terhadap anak-anak muslim agar menjadi generasi yang cinta ibadah kepada Allah, jujur dalam kehidupannya, berbakti kepada orangtuanya dan santun terhadap orang lain dan sesamanya.

Pembelajaran TPQ yang memuat aspek diniyyah dan keilmuwan secara seimbang.

  • Aspek diniyyah meliputi : pembelajaran tentang aqidah, akhlaq keseharian, do’a harian, kisah para nabi, dll.
  • Aspek keilmuwan : ilmu sains, bahasa inggris, matematika, dan life skill (ketrampilan hudup)
  • Mensinergiskan semua pembelajaran yang diterima seorang anak (santri) selama di TPQ dan di sekolah.
  • Karena hakikat dalam mempelajari suatu ilmu, pada dasarnya tidak ada pengkotak-kotak-an. Ilmu dapat dipelajari dimanapun dan kapanpun.
  • Pembelajaran di TPQ Terpadu menawarkan bentuk konsep TPQ Terpadu yang mudah, menyenangkan, dan (Insya Allah) membuat santri lebih betah belajar di masjid dan musholla.

SASARAN KHUSUS

Setelah menyelesaikan pendidikan di TPA FATHURROHMAN diharapkan anak didik memiliki kemampuan :

  1. Membaca Al-Qur’an dengan tartil.
  2. Menegakkan sholat dengan benar dan tepat waktu
  3. Senantiasa beribadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah
  4. Menghafal ayat Al-Qur’an dan do’a-do’a pilihan.
  5. Bersikap patuh kepada orang tua, hormat kepada guru serta akrab dengan sesama teman.
  6. Memiliki kompetensi keilmuwan di bidag sains, bahasa inggris, matematika, dan life skill

KURIKULUM

Kurikulum yang dipakai TPA FATHURROHMAN merupakan paduan dari berbagai metode belajar Al-Qur’an bagi anak, terutama dalam hal ini adalah metode TILAWATI. Disamping itu terpadu pula garis-garis Besar Pedoman Pengajaran TK  Al-Qur’an yang disusun oleh AMM Yogjakarta maupun BKPMI (Badan Koordinasi Pemuda Musholla Indonesia) Jawa Timur. Kurikulum terpadu ini diperkuat oleh konsep tarbiyatul islamiyah lilaulad (Pendidikan Islam bagi Anak) yang dirancang oleh DR. Abdullah Nashih Ulwan. Kurrikulum dijabarakan dalam target jaring tema yang dibuat untuk masa tiap semester.

MASA PENDIDIKAN

Pendidikan dari TPQ TERPADU FATKURROHMAN, bila berjalan dengan normal, akan berlangsung selama 2 (dua) tahun yang terbagi dalam 2 (dua) tahap. Tahap pertama, mengajarkan buku Tilawati jilid 1 (satu) hingga jilid 6 (enam) selama satu tahun. Selanjutnya selama satu tahun berikutnya diperuntukkan bagi pendalaman bacaan dan menghatamkan 30 juz Al-Qur’an. Setelah menyelesaiakan tahap ini anak didik diberi hak menyandang sebutan Khatam Al-Qur’an dan memperoleh sertifikat khotam Al-Qur’an.

Untuk mensinergikan kegiatan anak didik dengan kegiatan pendidikan formal (TK/SD/MI), maka pada saat-saat liburan di pendidikan formal agenda kegiatan TPA Terpadu Fatkurrohman akan disesuaikan. Adapun periode akademik setiap tahun angkatan baru dimulai setiap bulan Oktober.

Waktu belajar berlangsung setiap hari selama 3 (tiga) hari perpekan, yaitu mulai hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Jam belajar dimulai pukul 16.00 – 17.30 untuk kelompok A, sedangkan jam 16.30 – 19.00 untuk kelompok B.

SARANA PENDIDIKAN

Sarana utama TPA ini adalah Buku Panduan TILAWATI yang berjumlah 6 (enam) jilid. Disamping itu, insyaallah akan disediakan pula perpustakaan bocah yang memuat buku-buku bacaan anak islam dan pengetahuan yang bermanfaat. Seperti koleksi Kisah Nabi-Nabi dan koleksi Love My Qur’an, yang dijadikan rujukan dalam pemberian materi kisah bersama Al Qur’an.

Musholla yang mungil dengan berbagai ruangan dan sarananya merupakan tempat penyelenggaraan pendidikan TPQ Terpadu Fatkurrohman Surabaya.

PENDAFTARAN

Pendaftaran anak didik (santri) angkatan pertama dimulai tanggal 1 Juli 2008 – 1 Agustus 2008. Tempat pendaftaran di TPQ Fatkurrohman Musholla Fatkurrohman Jl.Tembok Gede III / 5 Surabaya setiap hari Senin, Selasa dan Jum’at mulai pukul 08.00 WIB – 19.00 WIB. Atau melalui personal kontak : Ustadzah Khoiru (031) 77186728 aatau GENTA online (031)71922913

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN

  1. Mengisi Formulir pendaftaran.
  2. Calon anak didik (santri) berusia 4 – 10 tahun yang ditunjukkan dengan fotocopy akte kelahiran atau surat kenal lahir.
  3. Menyerahkan pas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  4. Calon anak didik (santri) sudah dapat berbicara lancar.
  5. Bersedia untuk dites pengelompokan
  6. Bersedia untuk memenuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh TPQ Terpadu Fatkurrohman

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya pendidikan GRATIS

Bagi orang tua anak didik (Adik)/santri yang mampu bisa menyumbang/berinfaq bagi pengembangan TPQ Terpadu Fatkurrohman sesuai dengan kemampuan.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat ditanyakan langsung ke sekretariat Musholla Fatkurrohman Jl. Tembok Gede III / 5 Surabaya. Atau melalui Personal kontak : Ustadzah Khoiru (031) 77186728 aatau GENTA online (031)71922913

Incoming search terms:

  • Contoh konsep kurikulum TPQ
  • profil tpa alquran
  • logo tpq
  • konsep tpq sekolah formal
  • konsep pembelajaran tpq
  • hakikat dalam pengelolaan kegiatan di tpa
  • download profil tpq
  • download format profil TPQ
  • contoh profil tpq
  • contoh konsep tpQ
  • surat persetujuan pendirian tpq pada takmir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *