Mengapa Surat At Taubah Tidak Diawali Dengan Basmalah

Mengapa surat At-Taubah tidak diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim..?
sedangkan surat-surat yang lainnya selalu diawali dengan bismillahirrahmanirrahim…
mohon jawabannya Usatdz… terima kasih sebelumnya..

Jawaban :
Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Ada sejumlah pendapat mengapa surat al-Bara`ah (Surat al-Taubah) tidak dimulai dengan basmalah. Di antaranya :
1. Ketika Rasulullah saw. menyuruh untuk meletakkan surat al-Bara`ah setelah surat al-Anfal, beliau melesapkan kalimat bismillahirrahmanirrahim dari awal surat tersebut sebagai wahyu.
2. Allah menutup surat al-Anfal dengan mewajibkan kaum beriman untuk saling menolong dan berlepas diri dari kaum kafir secara keseluruhan. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh ayat pertama dari surat al-Bara’ah. Sebagai penegasan dari sikap di atas maka kedua surat tersebut tidak dihubungkan dengan kalimat bismillah.
3. Ibn Abbas meriwayatkan bahwa suatu ketika ia bertanya kepada Imam Ali ra., “Mengapa kalimat bismillahirrahmanirrahim tidak ditulis di antara keduanya (surat al-Anfal dan al-Bara`ah)?” Imam Ali menjawab, “Karena bismillahirahmanirrahim mengandung kedamaian, sementara surat ini turun dengan pedang dan pelanggaran janji (tidak ada kedamaian).
4. Allah mengetahui bahwa sebagian manusia akan berselisih pendapat terkait dengan kedudukan bismillahirrahmanirrahim sebagai bagian dari Alquran. Maka, ketika ia tidak ditulis di sini, hal itu sebagai penegasan bahwa ia merupakan ayat dari setiap awal surat. Demikian di antara sejumlah alasan mengapa kata bismillahirrahmanirrahim tidak ditulis di awal surat al-Bara`ah.

Wallahu a’lam bi al-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.

Sumber: http://www.syariahonline.com/kajian.php?lihat=detil&kajian_id=20001

Incoming search terms:

  • kenapa surat at taubah tidak diawali basmalah syariah online
  • surat dalam al quran yang tidak ada basmalah
  • surat dalam al quran yg tidak ada basmalah

One thought on “Mengapa Surat At Taubah Tidak Diawali Dengan Basmalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *